Tips Memilih dan Menggunakan Obat Wasir Apotik yang Tepat

Ketika terkena wasir atau ambeien, duduk, buang air besar atau sedikit bergerak saja akan terasa tidak nyaman. Wasir biasanya bisa diatasi dengan obat wasir apotik dan perubahan gaya hidup. 

Ada berbagai macam bentuk obat wasir, mulai dari kaplet, supositoria, dan krim oles. Obat wasir biasanya mengandung pain relief seperti ibuprofen, aspirin, dan acetaminofen serta lidocaine untuk meredakan gejala wasir. 

Tips memilih obat wasir

Wasir (hemoroid) terbagi menjadi dua tipe, yaitu internal dan eksternal. Wasir internal adalah pembengkakan pembuluh vena yang terjadi di dalam lubang anus. Wasir internal biasanya tidak menyebabkan sakit, tapi lebih sering terasa gatal, mengganjal, dan perdarahan. 

Sedangkan wasir eksternal berada di dekat lubang anus. Orang-orang yang merasa sakit saat duduk atau buang air besar biasanya terkena wasir eksternal.

Membeli obat wasir apotik bisa jadi pertolongan pertama saat Anda terkena wasir. Pilih obat dengan cara penggunaan yang Anda sukai. Jika Anda lebih menyukai cara yang praktis, Anda bisa memilih obat oral atau obat topikal (oles). Namun obat salep hanya bisa meredakan gejala untuk sementara waktu. Jika ingin hasil yang lebih tahan lama, maka pilihlah obat supositoria. Tapi obat supositoria membutuhkan waktu lebih lama agar bisa efektif bekerja.  

Tidak semua obat wasir bisa digunakan untuk mengobati kondisi Anda. Beberapa obat hanya bisa meredakan rasa sakit yang ditimbulkan, sebagian lainnya bisa membantu mengobati ambeien. Beberapa hanya diperuntukkan untuk wasir eksternal, tapi ada juga yang bisa mengatasi kedua jenis wasir. 

Misalnya, obat supositoria paling efektif meredakan nyeri wasir ringan dan wasir internal, beberapa merek obat supositoria bisa untuk meredakan sembelit. Baca kegunaan obat di label kemasan agar tidak salah pilih. 

Komposisi yang terkandung di dalam obat juga penting terutama jika Anda memiliki alergi. Membaca komposisi produk dengan cermat bisa melindungi Anda dari efek samping alergi yang akan ditimbulkan. 

Cara menggunakan obat wasir

Kebanyakan obat wasir oral bisa diminum bersama makanan sebanyak 3 kali sehari atau sesuai dengan label pada kemasan atau anjuran dokter. Untuk obat supositaria biasanya digunakan dua hingga empat kali sehari selama seminggu, sebaiknya digunakan setelah Anda buang air besar sehingga efeknya bisa bertahan lama.

Obat supositoria bisa digunakan sendiri atau dengan bantuan anggota keluarga. Sebelum memasukkannya ke anus, oleskan supositoria dengan pelumas agar obat lebih mudah masuk, tapi jangan gunakan petroleum jelly karena bisa membuat obat meleleh. Mendinginkannya di lemari es selama beberapa menit juga bisa membantu. Setelah menggunakan obat, duduk atau berbaring selama 15 menit. Hindari buang air kecil atau buang air besar dalam waktu satu jam setelah penggunaan obat. 

Krim dan salep oles bisa digunakan kapanpun ketika nyeri mulai terasa, tapi efeknya hanya bertahan sebentar tidak seperti obat supositoria ataupun kapsul. Penggunaan obat topikal maupun supositoria hanya boleh digunakan dalam waktu terbatas, biasanya seminggu, untuk mencegah kemungkinan komplikasi. 

Adakah cara lain untuk mengobati wasir?

Selain menggunakan obat-obatan, ada beberapa perawatan medis lain yang bisa dicoba seperti injeksi, katerisasi, dan operasi. Namun opsi tersebut hanya disarankan dokter untuk wasir kronis atau yang tidak kunjung membaik. 

Untuk mempercepat pemulihan, coba ikuti perawatan rumahan berikut ini:

  • Mandi air hangat. Berendamlah di air hangat selama 15 menit atau lebih beberapa kali sehari, sebaiknya setelah buang air besar. Cara ini membantu mengurangi pembengkakan.
  • Kompres dingin. Kompres dingin memiliki fungsi yang sama dengan  kompres hangat, yaitu mengurangi pembengkakan.
  • Gunakan pakaian longgar berbahan katun. Kenakan pakaian longgar dengan bahan katun untuk mengatasi ketidaknyamanan.
  • Konsumsi makanan tinggi serat. Makanan tinggi serat dapat melancarkan BAB dan memperlunak feses sehingga Anda tak akan merasa sakit saat buang air besar.

Catatan

Jika Anda bingung memilih obat wasir apotik, jangan sungkan untuk bertanya ke apoteker atau petugas untuk mendapatkan obat ambeien yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *