Prosedur Cek Darah Lengkap di Puskesmas Tanjung Priok

Puskesmas Tanjung Priok adalah salah satu fasilitas kesehatan yang menyediakan pemeriksaan darah lengkap atau complete blood count (CBC) atau blood panel.

Jenis pemeriksaan ini diperlukan untuk mengetahui informasi terkait sel-sel darah pada tubuh seseorang. Pemeriksaan hitung darah lengkap ini dilakukan sebagai tes skrining luas untuk memeriksa adanya gangguan seperti anemia, infeksi, atau berbagai jenis penyakit yang lain.

Adapun biaya cek darah lengkap di Puskesmas Tanjung Priok cukup terjangkau sehingga kerap jadi pilihan warga sekitar.

Buat Anda yang sedang mencari informasi seputar cek darah lengkap di Puskesmas Tanjung Priok, berikut ini informasinya.

Mengapa Harus Melakukan Cek Darah Lengkap?

Pemeriksaan darah lengkap sebenarnya tidak memberikan diagnosis yang definitif terhadap suatu kondisi. Meski begitu, pemeriksaan ini dapat memberikan petunjuk penting mengenai masalah kesehatan dalam diri Anda yang mungkin terjadi. Pemeriksaan darah ini akan melihat tinggi-rendahnya hemoglobin, jumlah sel darah putih, dan tinggi-rendahnya jumlah keping darah (trombosit).

Biasanya kalau Anda mengalami gejala kelelahan, demam, lemah, radang, memar atau pendarahan, dokter akan memberi rujukan untuk cek laboratorium dengan hitung darah lengkap.

Selain itu, hitung CBC ini juga akan direkomendasikan dokter sebagai bagian dari pemeriksaan rutin untuk mencari tahu kondisi kesehatan secara umum dan melihat apakah pasien memiliki gangguan kesehatan, seperti infeksi, anemia, atau leukemia.

Tak ketinggalan, ibu hamil juga harus melakukan cek darah secara rutin untuk mengecek kondisi kesehatan ibu dan janin di dalam kandungan, juga mendeteksi adanya penyakit yang bisa berdampak pada kehamilan ibu. Tak terkecuali pada pasangan yang melangsungkan pernikahan, atau sering disebut pre-marital check-up.

Langkah Tes Darah Lengkap di Puskesmas Tanjung Priok

Setelah mengetahui alasan diperlukannya tes darah lengkap, kini Anda bisa langsung melakukan prosedur ini di Puskesmas Tanjung Priok.  

Bagaimana caranya?

Mendatangi Puskesmas 

Langkah pertama yang harus Anda lakukan tentu melakukan pendaftaran di Puskesmas Tanjung Priok yang terletak di  Jl. Papanggo 2B No.69, RT.6/RW.3, Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14340.

Datanglah pada jam operasional Puskesmas Tanjung Priok, yaitu: 

  • Senin – Kamis pukul 07.30 am – 16.00 pm
  • Jumat pukul 07.30 am – 16.30 pm

Setelahnya, Anda bisa mengambil nomor antrian laboratorium Puskesmas Tanjung Priok. Tunggulah sampai nama dan nomor antrian Anda dipanggil oleh pihak puskesmas. 

Prosedur Tes Darah

Pemeriksaan darah dilakukan dengan cara mengambil darah dari pembuluh darah vena yang terletak dekat dengan permukaan kulit. Daerah yang paling sering dipilih adalah lipatan siku. Pengerjaan tes ini cukup mudah dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dilakukan oleh perawat atau petugas laboratorium saat mengambil sampel darah untuk pemeriksaan darah lengkap:

  • Membersihkan area kulit di lokasi pengambilan darah, menggunakan larutan antiseptik.
  • Mengikatkan tali elastis pada bagian atas lokasi pengambilan darah, agar aliran darah terbendung di area tersebut.
  • Memasukkan jarum ke dalam pembuluh darah vena dan menyedot darah sejumlah yang dibutuhkan, lalu menampungnya di dalam tabung kecil.
  • Menutup luka bekas tusukan jarum dengan perban.
  • Menempelkan label berisi nama dan waktu pengambilan darah pada tabung penampung darah, lalu mengirimkannya ke laboratorium untuk diperiksa.

Prosedur ini memang bisa terasa sedikit tidak nyaman, terutama ketika jarum menusuk kulit. Setelahnya, mungkin akan muncul sedikit memar di lokasi pengambilan darah.

Biasanya, hasil tes darah akan Anda dapatkan tergantung dari pemeriksaan apa saja yang dilakukan. Untuk tes darah lengkap memakan waktu 3-7 hari kerja. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *